Kamis, 25 Agustus 2016

eCognition: Menghitung Sawit Secara Otomatis (Automatic Palm Count)

Bagi teman-teman yang berkecimpung dalam industri perbekunan sawit, pasti pernah menghadapi masalah dalam mendata jumlah pokok sawit yang aktual. Teman-teman pasti setuju klo sensus manual di lapangan memiliki banyak kelemahan seperti tenaga dan waktu yang dibutuhkan akan banyak. selain itu hasil yang diperoleh akan sulit untuk dilakukan supervisi.
Dengan maraknya teknologi UAV sekarang ini, banyak yang menguasai foto udara sehingga perhitungan pokok sawit dapat dilakukan hanya didepan komputer saja. Cara ini terbukti jauh lebih cepat dan efektif di banding dengan cara sensus dilapangan. Tapi namanya manusia ya tidak pernah puas, pengennya lebih cepat cepat dan cepat ....
Dan sekarang sedang maraknya menghitung jumlah pokok sawit secara otomatis. Salah satunya yang ramai yaitu dengan software Trimble eCognition.
Jadi iseng-iseng saya tes menggunakan foto udara sebagai sumber data. Setelah beberapa kali klik, ternyata benar, pokok sawitnya bisa dideteksi. Keren juga ini software.... Tidak buat pusing, tidak perlu codang coding.... Infonya, akan lebih akurat jika menggunakan data DSM dan DTM, tetapi sulit juga mendapatkan data DTM untuk di tes, jadi belum sempat dibuktikan.
Saya juga tertarik buat satu toolbar di arcgis untuk automatic palm count. Jadi untuk yang biasa menggunakan arcgis, tidak perlu menggunakan software lain untuk sensus sawit. Semua bisa langsung dilakukan di arcgis dan langsung bisa di cek. Toolbar ini akan dijelaskan dipostingan berikutnya.

11 komentar:

  1. Nice work, hope its can be more and more accurate. Can you conduct training via skypee? If can, how much time and money will it take?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sisca, thanks for your attention. Yes, I can conduct training via Skype. For this topic (automatic palm count), 1-2 hour is enough, low price. More detail can discussed via email (sandi.3dk@gmail.com) or Whatsapp (+62 852 4926 3391).

      Hapus
    2. Thanks, I'll get you when all arrangement on my side is complete. Any detail I need to prepare for this training?

      Hapus
    3. You just need install eCognition Developer (version 9 or lates) in your computer to practice. You can download it at
      http://ecognition.trimble.com/eCognition-Trial_Request-64-Bit-2014.html
      Thanks

      Hapus
    4. Adakah link terbaru?
      Yg ini dah non akti

      Hapus
  2. Hi I´m very intresting to be trainig via skype. i was looking for your skype acount and I can´t find it.
    Greetings
    Juan Jaramillo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share your skypee id so He can contact you.

      Hapus
  3. Mas ada panduannya? kalau tidak keberatan mohon di bagi ke email fiqri20@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  4. kalau pakai arcgis gmna ya bang data yg d olah?

    BalasHapus
  5. Bro Sandi..Lama g jumpa, ini laichul EMU. Eh, itu ecognition developer atau yg oil palm counting?
    Aq sdh install yg developer...cm masih belum paham baca userguidenya. Bro sandi punya panduan yg lebih simpel kah?
    Tolong email ke laichul@yahoo.co.id. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Ada tutorial tertulis gak om? Terutama pada sample corelation sy sngt susah utk mengklasifikasikanya, jd hasilnya selalu amburadul, kalau ada mohon di share ke mail sy ya om, bh.sumantri78@gmail.com, thanks om

    BalasHapus